Mengobati Sakit Hati

Sakit hati dapat dialami siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Bila tidak diantisipasi dengan cepat dan tepat, bisa membuat suasana
hati dan pikiran sumpek. Rasa sakitnyapun jadi berlarut-larut.
Tips di bawah ini mudah-mudahan bisa membuat hati Anda yang lagi sumpek kembali lapang:

1. Singkirkan dulu persoalan yang bikin sakit hati. Ingat saja hal-hal yang menyenangkan, semisal prestasi atau keberhasilan- keberhasilan Anda selama ini.

2. Pergilah ke tempat-tempat menyenangkan atau datangi orang-orang yang bersedia dijadikan tempat curhat Anda.

3. Bila masih ada yang mengganjal di hati, keluarkan unek-unek dengan melakukan monolog mental di depan cermin atau menuliskannya di buku harian.

4. Menangislah bila perlu, atau menjerit di tempat sunyi. Bisa juga sekadar mengepalkan tinju kuat-kuat, lalu memukulkannya ke udara kosong.

5. Jika panas di hati mulai sedikit mereda, coba ingat-ingat kebaikan atau kelebihan orang yang telah menyakiti hati Anda. Seburuk apa pun manusia, pasti ada kebaikannya.

6. Pelan-pelan maafkan dan lupakan kejadian yang menyesakkan hati itu.

7. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kini Anda telah benar-benar dalam kondisi netral dan positif untuk kembali menjalani hidup sehari-hari. (intisari)

Sumber: KCM – Senin, 06 Desember 2004

Terima kasih
MYusuf.

67 Komentar »

  1. deksa said

    ini sungguh tulisan yang enak dibaca ehhhhh

  2. fatimatu ulla' said

    saran yang mudah untuk dijalani

  3. ani said

    wah……………menurutq nee kurang efektif coz q dah putus pe 3 bulan dah ngelakuin cr yg seperti itu msh saja inget dia trs

    • Nita said

      Gmn gak bsa lpain lw qt ingat dya trus. Smua it t’gntng dr qt sndri, pngn t’puruk trus atw pngn bngkt.

      • yongki said

        pasrah ja serahkan pd yg dias`ok

      • yongki said

        btw lw nak mn ce…

    • leni said

      sakit hati,,brrti tdak bsa mnerima ap yng tlah terjadi pda kita..simple aja…ckup kita mnjdi ong yn ikhlas dalam mnerima knyataan,,,smwa pasti bsa teratasi..jngan terus larut dalam ksakit hatian….jngn berfikir pada masa llu trus..berfkirlah untuk msa dpn mu yng jauh lbh baik…

    • konita said

      hi sama,,, aku juga masih inget terus

  4. tya said

    lumayan jg tips’a…
    v di saat gw lg sendiri, knp ya gw masih inget2 sakit hati gw…

    • leni said

      smwa btuh waktu…biarlah mngalir seperti air…poko nya sbsa mngkin alhkan pmikiran kalian disaat teringat kisah yng mnyakitkan itu…

  5. anggrinx said

    monolog mental d depn cermn?????????? d sangkain orgil atuh

  6. Pito said

    g membantu
    Te2p aj keingetan
    Damn it…
    AstagfiruLlah hal adzim….

    • leni said

      yng bsa mmbantu hnyalah niat ,kmawuan dalam diri,ke ikhlasan,,dan swatu tndakan

  7. cantika sari said

    tipsnya ok……………………….

  8. faristy kuzuma said

    btw tipsnya ok……………
    GOOD…………………….
    ;))

  9. retno ayu said

    TOP DECH……………….
    tp gak terlalu membantu..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • yongki said

      mw tw caray…..di jamin sakit hatiy lansung semuh

  10. shanty green said

    kok masih tyus ya………………
    sakeet buangeetzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz……

  11. CCHY said

    WOW GILE MANTAPZZZZZZZZZZ TIPSNYA

  12. arul said

    Slow aj, Dunia ga selebar daun Kelorr,,masih banyak kq yg lebih penting drpd mikirin yg ga penting,, Okay coy…

  13. bolank said

    ok bgt, tp sakit hatiku terlalu dalam untuk diobati…

  14. verly said

    tipz awal c ok lah. .
    Tp kLo di sruh ingt org yg bwt kt skt ati,kyk’a susah. .ntr mlh bwt aq skit ati lage. . !
    Aq rSa slain tiPZ yg it,dh ok kog. . .
    Gbu

  15. LunLi said

    tipsnya lumayan juga….tapi gimana dunk kalo sakit hatinya udah meradang,sementara itu gak ada org yg bisa diajak curhat…yang namanya sakit hati pasti udah sampe hancur..hancur..hatiku

  16. Ophi said

    .Ich. .tetep aja ckied ati
    .biezNy bner” ckid bged
    .kug tega iach dia nykitin kyk gni !

  17. HASNAH said

    CARA MENGOBATI SAKIT HATI ITU TIDAK GAMPANG SIH….KARENA IBARATNYA LUKA DIHATI ITU SANGAT SUSAH DIOBATI KARENA KITA TIDAK BISA MELIHAT DENGAN DETAIL LANGSUNG …GA KAYAK LUKA DITANGAN LANGSUNG BISA DIOBATI ….
    JADI SOLUSI SAYA BANYAK – BANYAK ZIKIR DAN MEMBACA AYAT-AYAT SUCI AL-QURAN….BAGI ORANG MUSLIM….INSYAALLAH AKAN TENANG …DAN HILANG PIKIRAN SOUZUN KEPADA ORANG YANG TELAH MENYAKITI KAMU…..KARENA SETIAP ORANG ITU PASTI ADA KEKURANGAN DAN ADA KELEBIHAN….

    • FANY SETYA LYTA said

      BNER bgt lo blag dg beziqir smwa msalah seperti ga tejadi n hti trsa nyaman n tenang

  18. Rhya said

    tq tips nya…
    smg berhasil a lakuin..
    tp kl msh tetep ke ingetan gmn??
    bis ny kn ngelupain it g mgkin…
    tips yg lbih dunk….

  19. Rhya said

    tq tips nya…
    smg berhasil aq lakuin..
    tp kl msh tetep ke ingetan gmn??
    bis ny kn ngelupain it g mgkin…
    tips yg lbih dunk….

  20. nazrie said

    ne obat memang bner2 ampuh…

  21. NuruL said

    Emang sangat” menyedihkan yang namanya Sakit hati…Tapi Mo di bilanG apa…yana namanya TakdiR kaleee Yach….
    V baguz juGa ce tIpZ”nYa..
    InsyaAllah Gw Coba decHHH..
    Thank”s yaChh..

  22. alvionita said

    w uda memaafkan kslhn org yg ud nyakitin w.w uda brusaha untk bjwa besar mnerima’y tp ttep aja hti ini ngrsain skt luar biasa..

  23. eR_nie said

    awalny memank slit
    mmbuat Q sdih brkpnjangn
    tapi
    dngn brjalanny wktu
    akhirny aQ bisa
    mlupakn rasa skit hti Q
    memank kdang2 muncul
    .tapi..
    Q tpis dgn mlpangkan n melupkn smuany
    seolah-olah tdak trjadi pa2
    walau slit..!!
    Q tkadkan dlam hti Q
    tuk tdak brsdih lgi

  24. aguswidhi said

    sakit hati….?
    mengingat kebaikan yg bikin kita sakit hai…?
    weleh.. weleh.. weleh….

    lupain orang yg bikin kita sakit hati, dan jangan berhubungan lagi dengan orang yg bikin kita sakit hati…….
    beres…….

    masih banyak orang yg pengen berteman dengan kita…
    okey….!!!!

  25. Dicky said

    Yoi,, skit hati jaga ada tingktannya, klo skitnya parah tentu penyembuihannya pun harus intensif dan lebih fokus xli ya…

    • Nita said

      Sakit hati memang perih… Tp it lh p’jalanan cnta yg sesnguhnya spya qt jauh lbh kuat hdapin nya.

      • Nita said

        K0q sepi sich ga ad k0men. Aduh mana nich ank2. Tp Q mw curhat lw Q ud gede bnget ha…3x

  26. Fank said

    Aq d ptusin ma pcar krna d tdu slingku pdahal tda i2 tmnq cma mw mnta tlong d antar ah… Dia mrh2…
    Mnta solusinYa dwonk..?

  27. evan said

    tips nya lumayan, tp susah jg bwt nge-praktekinnya.. cz nyampe sekarang msh keingetan jg.

  28. Giny said

    Keren euy. . .br ngbaca z skt ht nya lngsng ilang. . .kkkkk

  29. Viena said

    Ga sgmpg tu tk mmfkn org yg udh nyktin qta,, q udh nyba pi ttp ga bz. Q trlalu skt smuana mmbwt q hncur. Org yg bnr2 q sygi mw nkh ma org laen coz kclkaan g2 pdhl qmi udh ngrncnkn smuana tk mrt paz mw2 mndkt rmdhn smuana hncr brntkn. Q bnci dy n ga mgkin mfkn dy.

  30. Nita said

    Q sakit hati ma edo, masak dya milih nungkas. Trus selera pak? Yg bnr dkit dong. Cntk msh gw. Dasar edo c0w matre. Gak rugi pisah sma loe. Cow kyk loe, musnah aja

  31. qis fiore said

    aku pun sedang sakit hati…
    kadang2 aku rasa nk lari/elak dari dia tiap kali dtg antar barang ke tmpt aku..
    tapi pd masa yg sama ati ku berdebar2 dan wajahku berubah kemerahan..senyum walupn dlm ati sakit..
    aku pendam jer dulu..tapi dia kata..tahan jer la !
    aku berdoa pd Tuhan..Ya allah sekiranya dia tu punya perasaan dan hati pada aku..kau kembalikan pd aku..sekiranya disebalik hapuskan terus ati/ ingatanku ini utk dia

  32. djiteng said

    Trimakasih sama komentarnya🙂

  33. Nita said

    Aduh,,, memang sakit ye, patah ht. Cuman qt hrs bangkit. Sebagai kaum wanita jgn trus qt d’bilang lemah oleh kaum lelaki, qt hrs membasmi kaum pria yg suka ngancurin wnta.

  34. Nita said

    Mw curhat, ngmbng jak d’bwh pohn pisang, pasti lega gara2 brteriak …ad kuntil

    • kurnia said

      hahaha……………………….

  35. Tigar Herdy Bramseto said

    mungkin mudah untuk memberi solusi seperti yang tercantum diatas, akan tetapi sulit bagi kita semua yang merasakan dan mengalami rasa sakit hati atau mungkin patah hati, saya sendiri juga sempat mengalami depresi yang benar-benar membuat hidup saya ini seperti tak berguna, tapi bagi saya cuma waktu yang bisa mengobati rasa sakit yang mungkin semua orang pernah mengalaminya. Sembari bergulirnya waktu, entah cepat atau lambat, kita juga akan merasa seakan-akan melupakan rasa sakit hati yang kita alami begitu sakit, waktu juga yang menjawab semua dan apa kesalahan yang kita lakukan hingga kita dapat merasa sakit hati

  36. kurnia said

    sbnrna q ckit hati bgt am anto dy udah slingkuh,tp g tau knp q msih ad rsa cnta am dy krn udah byk bgt kebaikkan yg dy lakuin bwtQ……………….

  37. nita said

    nita gak bsa lupain dia ,,
    padahal dah nyoba berkali”. ttp ggl

  38. ya… rasanya sangat menyakitkan, hingga saya gk mau lagi bermain cinta, semoga tips di atas bisa saya jalankan dan bermanfaat bagi saya dan teman – teman yang lagi sakit hati juga….

    Makasihya tipsnya, saya tunggu artikel terbarunya.

  39. yoky said

    waduh cuma bisa make step 3 doang..

  40. yEny said

    y she mang bnr bgt,,
    tpi g gmpng wt lpain it cmua.
    trlalu sqit,,

  41. hilman said

    gw ga bakal bz lupain dya????ga tw knapa?gw da coba benci tapi tetep sayang???gmana dunk caranya????

  42. Rizki said

    T_T

  43. ldevylestari said

    duuuuuuHhhhhh….
    sRanX kRg mMbTu bgEt nEcH…
    kRg Toooooopppppp….??????

  44. aesyah said

    emg susah ya mengobti cakit haty tyu……………… tp,law gue sakit hati bawa tidur nya,,,,,,,,,,,,,,,, psty pikiran lho tenang,,,,,,,,,,,,,,

  45. rifky said

    mdah”han bsa sembuhin skit hati ini….
    Hiks…hiks….hiks…. T_T

  46. Tuhan..aQ bingung harz percya pa gx..
    Tuhan…aQ gx tau mesti ngelakuin apa..
    dia yg cllu bwat aQ Kcwa n Menangiz..
    knpa cH Hati Nekh cllu Mrsa kan ckit..
    andai aZ Cinta Nekh gx ada Mungkin aQ gx kan prnah yg nma na ckit Hati….!!!

  47. am said

    sakit bgt hati gw digituin ama temen2 setingkat…
    sedih tpi ga bsa apa2…
    Ya udalah…

    Hidup harus terus berjalan!

    Cheer Up Girl!
    🙂

  48. titiens said

    Emang sih patah hati itu sakiiit banget. Tapi lebih skt lagi kalo kita dibohongin, ngakunya cinta berat ternyata cuma dbibir saja. Dasar munafik lo! Go to hell aja deh lo! Ih jd nafsu gue..

  49. DILAH said

    Tapi klo hati kita terlalu sakit,ngga mungkin secepat itu kita bisa mav’n dia,..
    butuh waktu yang lama…………

  50. rikka suliz said

    mmm…. awalnya memang sulit mlupakan.. tp lama klamaan pasti bissa mlupakan hal yg menyesakkan dada itu

  51. klo say pas sakit hati malah cuci motor sebersih2nya.tapi itu terapi yang manjur looo. semua emosi dilampiaskan ke cuci motor

  52. novikasari said

    gmn bisa sdah tak bsa mngat kbaikaknnya ,
    karena sdh skit bgt .rasanya tak ada lagi yang bisa dmaafkan kbaikan dr orang tsb .

  53. chaca said

    ga gampang tuk jalanin seperti saran kamu…
    tapi thx ya..

    sukses selalu buat kamu…
    god bless

  54. Franz said

    masih menunggu 40 hari mencari cinta….aku sayang wiwi….

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: