gak buang air besar

Selamat Siang Wir,

Gangguan yang anda alami ini dalam istilah medis disebut konstipasi. Hal ini bisa terjadi bila kandungan serat dalam diet kurang, dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan serta air sudah bisa mengatasi keluhan ini.

Hal lain yang bisa menyebabkannya, adalah kurangnya aktifitas, misalnya pada pasien-pasien rumah sakit yang hampir seharian di tempat tidur. Pergerakan usus pada mereka-mereka ini relatif lebih lambat dibanding pada orang-orang yang sehat, yang beraktifitas normal.

Hal lain yang juga bisa menimbulkan keluhan seperti ini adalah kelainan organ pencernaan, misalnya adanya tumor yang menghambat proses pencernaan karena posisi tumor yang menutup atau menekan rute pembuangan kotoran. Untuk membuktikan hal tersebut, Wir perlu melakukan konsultasi ke dokter.

Hal lainnya lagi yang bisa bikin keluhan seperti ini adalah gangguan non-organik, atau disebut juga gangguan psikis. Maksudnya keluhan ini muncul tanpa adanya kelainan pada organ pencernaan, dan tidak adanya gangguan pada pola diet. Yang termasuk ke dalam kelainan ini misalnya stres atau cemas saat mendekati waktu ujian. Contoh lainnya lagi saat harus meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama, dimana pola waktu dan tempat buang air yang selama ini tetap tiba-tiba berganti, biasanya akan disertai gangguan pola buang air, yang ironisnya akan menetap setelah kembali ke rumah.

Ada beberapa jenis obat yang bisa membantu untuk keluhan ini, misalnya dengan pencahar (dulcolax, misalnya). Akan tetapi hal ini tidak menyelesaikan masalah karena akar permasalahannya belum terungkap. Jadi Wir, sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter.

Salam,
Husen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: