Online For Life

Saya terkesan dengan pimpinan saya tempat bekerja saat ini pada sebuah perusahaan Export Credit Agency. Dalam usianya yang masih relatif muda, beliau telah memiliki wawasan dan strategi berpikir yang jauh melebihi para seniornya yang saat ini menjabat sebagai Direksi pada bank swasta nasional. Beliau juga memiliki berbagai impian yang dapat mendrive strategi-strateginya dalam bekerja, baik sebagai seorang profesional maupun sebagai eksekutif yang diberi tanggung jawab mengembangkan Divisi Pemasaran tempat di mana saya bekerja saat ini.

Latar belakang beliau jauh dari bidang keuangan (lulusan Institut Pertanian Bogor), namun saat ini merupakan salah satu pakar Trade Finance di Indonesia. Bagaimana strategi dan apa yang dilakukan dalam bertindak sehari-hari sehingga dapat menjadi pakar pada bidang yang sebelumnya tidak dikuasai ? Dalam beberapa coaching yang dilakukan secara rutin setiap minggu, beliau selalu mengingatkan untuk mempunyai impian dalam hidup dan merealisasikan impian dengan cara “Think Globally, Start Small, and Act Now. “

Bob Urichuck dalam bukunya “On line For life” mengungkapkan salah satu strategi untuk sukses adalah mempunyai impian. Untuk membawa impian tersebut menjadi kenyataan terdapat 12 disiplin yang harus dilakukan sebagai berikut :

Ketahuilah hak-hak Anda, karena Anda mempunyai hak atas impian, keinginan dan hapan Anda sendiri.
Buatlah keputusan untuk melakukan sesuatu atas hidup Anda dan menjalani kehidupan seperti Impian Anda.
Kendalikan hidup Anda, dengan mengendalikan pikiran. Pikiran Anda mengendalikan sikap Anda dan bagaimana Ada bereaksi terhadap suatu situasi.
Kenalilah diri Anda sendiri, atau perjalanan anda ke masa depan akan penuh dengan ketidakpastian. Identitas yang terdefinisi akan membuat Anda terfokus, sambil Anda menetapkan prioritas, mengatur tugas, dan menyelesaikan tantangan dalam kehidupan pribadi ataupun bisnis.
Ketahuilah apa yang anda inginkan dari hidup ini dengan membuat daftar tentang semua impian, keinginan, dan harapan Anda seolah-olah tak ada yang tak mungkin.
Kelompokan, kategorikan dan buatlah prioritas impian-impian Anda ke dalam periode-periode waktu.
Identifikasikan apa yang siap Anda berikan sebagai ganti bagi semua impian dan keinginan Anda.
Buatlah catatan harian cita-cita. Cita-cita harus SMART (Spesifik, Measurable, Attainebale, Relevan, dan Trackable.
Berpeganglah pada rencana tindakan dan bertanggung jawab sepenuhnya untuk membuatnya menjadi kenyataan.
Berorientasilah pada tindakan dan kerjakan sekarang. Jangan berharap akan menemukan waktu untuk meraih cita-cita. Ciptakanlah sekarang.
Pantaulah dan ukurlah kemajuan supaya mengetahui apa yang telah dicapai.
Bersyukurlah pada Tuhan.
Seperti dikatakan oleh Bob Urichuck, “ Ketika Anda memutuskan untuk menjalani impian-impian Anda, mendisiplinkan diri Anda dan menjadi yang terbaik semampu Anda, berikanlah ganjaran pada diri Anda karena telah melakukannya. Jangan pernah berhenti. Apa pun yang terjadi jangan sampai gagal, mundurlah, carilah, lihatlah impian Anda, rasakanlah dan dengarkanlah. Bangunlah, atasilah & Get Online For Live !”

Reference :
Bob Urichuck, Online For Life, “ The 12 Diciplines for Living Your Dreams.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: